Selamat datang di Sehat Kreatif, Blog yang berbagi Tips tips tentang kesehatan secara online

5 Dampak Negatif Menkonsumsi Gula Berlebihan

5 Dampak Negatif Menkonsumsi Gula Berlebihan - Bukan hanya orang yang sudah dewasa saja yang perlu mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis, anak-anak dan remaja pun juga perlu membatasi asupan makanan yang manis-manis. Terlalu banyaknya makan makanan yang manis akan dapat mempengaruhi perkembangannya anak.
5 Dampak Negatif Menkonsumsi Gula Berlebihan
 Beberapa efek buruk gula termasuk meningkatkan risiko (obesitas, diabetes, kerusakan gigi, gizi buruk dan tekanan darah tinggi). Gula telah dikaitkan juga dengan penyakit jantung, bahkan perkembangan kanker.

berikut ini ialah 5 efek buruk konsumsi makanan manis bagi perkembangan anak:

1. Menyebabkan kerusakannya gigi

Gula yang sering ditemukan dalam permen atau beberapa makanan yang manis lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada gigi anak-anak. Bakteri yang ada dalam mulut akan berkembang dengan pesat, jika kebutuhan pangan utamanya, yaitu manisan layaknya yang mengandung gula.

Bakteri inilah yang kemudian merusak gigi-gigi anak dan efeknya akan bertahan hingga dewasa. Masalah ini mungkin ya, terlihat tidak terlalu dicemaskan, namun kesehatan gigi dan mulut yang buruk telah dikaitkan oleh berbagai risiko penyakit yang serius di kemudian harinya, seperti penyakit jantung.

2. Pemenuhan gizi yang buruk

Masalah utama yang sering dialami oleh anak-anak adalah makanan pemicu seperti makanan yang manis-manis. Dirinya cenderung menggantikan semua bentuk makanan lain dengan makanan dengan rasa yang manis. Meskipun makanan manis menyediakan energi yang memungkinkan anak untuk lebih aktif, tetapi sebenarnya gula juga memiliki nilai gizi yang sangat rendah.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Ketika anak-anak lebih banyak terpapar dengan gula, kadar insulin dalam tubuhnya akan meningkat. Hal ini dapat juga  membahayakan pankreas dan meningkatkan risiko diabetes pada usia yang masih terlalu muda , yaitu remaja. Selain itu, terlalu banyak kandungan gula juga dapat meningkatkan resistensi insulin dan kemampuan tubuh untuk menurunkan kadar gula darah yang terganggu.

4. Meningkatkan tekanan darah

Terlalu banyak gula juga dapat meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian, yang juga melibatkan pasien stroke dengan tekanan darah yang tinggi, peluang untuk bertahan hidup sangatlah susah pada pasien dengan kadar gula darah yang tinggi.


5. Mendorong pertumbuhan sel kanker

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa sel kanker akan berkembang dengan cepat, karena paparan makanan yang manis. Makanan bergula dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, kemudian mendorongnya dengan pertumbuhan sel kanker.

 Itulah tadi 5 dari sekian banyaknya dampak negatif jika anak-anak kita menkonsumsi gula secara berlebihan. Kita juga sebagai orang tua, sebenarnya tau, apa yang baik dan buruk unuk anak, jadi usahakan anak kita tidak menjadikan makanan yang mengandung gula berlebihan sebagai asupan setiap harinya. Sekian saya penulis dari Blog Sehat Kreatif ini, semoga apa yang sudah saya berikan, bisa bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk membookmark blog ini, untuk melihat apa dampak dan manfaat untuk kesehatan.

Share :

Facebook Twitter Google+
8 Komentar untuk "5 Dampak Negatif Menkonsumsi Gula Berlebihan"

Wah dampaknya bahaya juga ya gan,berarti mulai sekarang kita harus jangan berlebihan nih buat konsumsi gulanya kalo bisa yg less sugar

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Info nya bermanfaat banget gan, thanks yaa ^^

Memang Benar gan , Kebanyakan Sekarang Ini Orang Diabetes Oleh Gula Yang Berlebih
Sekarang Harus diatur jumlah Makan Yang Mengandung Gula Masuk Ke Tubuh

Benr sekali sob, kalau kita terlalu berlebihan mengkonsumsinya bisa berakibat fatal bagi tubuh sendiri :D

apapun makanannya kalau berlebihan tetap tidak baik, tidak hanya gula

Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar yang mengandung unsur SARA.
2. Komentar yang berbau PORNO.
3. Komentar Saling CACI MAKI.
4. Komentar yang Memasukan LINK IKLAN dan LINK AKTIF.

Saya harap Sobat dapat mematuhi aturan berkomentar yang saya buat. Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus. Atas kerjasama sobat sekalian saya ucapkan banyak Terima Kasih. Salam Sukses selalu untuk Sobat dan Salam Blogger.

Back To Top