Selamat datang di Sehat Kreatif, Blog yang berbagi Tips tips tentang kesehatan secara online

Tips Sahur yang Sehat

Tips Sahur yang Sehat
Tips sahur yang sehat - Meski sahur dilakukan pada waktu pagi buta, anda harus jeli memilih menu sahur yang sehat untuk menahan lapar besoknya, Banyak pakar kesehatan yang mengatakan sahur lebih penting dibandingkan saat berbuka puasa kenapa demikian? Karena saat sahur tubuh anda harus dibekali nutrisi yang sehat dan cukup untuk berpuasa. Menu seperti itu memang tidak terlalu dipikirkan beberapa orang karena orang berfikir dengan memakan nasi di saat sahur saja bisa menahan puasa untuk besok namun pendapat kebanyakan orang salah, bukan hanya makan untuk menahan lapar saat berpuasa yang dicari pada saat sahur namun untuk menjaga kekebalan tubuh untuk mengidari seragan dari berbagai macam penyakit, disini saya mempunyai beberapa tips menu sahur yang sehat.

Tips Sahur Sehat :



  1. Mulailah sahur dengan meminum air putih karena saat berpuasa tubuh kita sangat memerlukan cairan tubuh. apalagi saat berpuasa tubuh kekurangan 70% cairan.
  2. Buah-buahan adalah santapan yang bagus untuk berbuka, karena buah dapat memberikan kandugan elektrolit yang akan memberikan kesegaran pada tubuh saat berpuasa.
  3. Selama puasa, zat besi yang ada dalam tubuh kita akan menurun karena berkurangnya jumlah sel dara merah dalam tubuh dikarenakan kekuragan cairan. Akibat dari kekuragan carian dalam tubuh anda akan mengalami lemas, mengantuk karena cadagan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal saat tidak puasa. oleh sebab itu konsumsilah makanan yang banyak mengandung zat besi untuk menjaga stamina saat berpuasa.
  4. pililah menu sahur yang banyak mengandung karbohidrat kompleks, karbohidrat kompleks dapat membuat staminda dan kekebalan tubuh saat berpuasa meningkat, makanan  yang banyak mengandung karbohidarat kompleks adalah nasi putih, roti gandung karena akan membuat gula darah merah stabail saat berpuasa. Jangan konsumsi makanan yang manis karena dapat membuat anda cepat lemas dan lapar.
  5. Untuk memilih lauk saya sarankan untuk mengkonsumsi lauk yang memiliki kandugan protein nabati dan hewani yang tinggi, contoh lauk yang banyak mengandung protein nabati dan hewani adalah tempe, tahu, kacang-kacangan, daging, ataupun iklan, agar anda tidak bosan menkonsumi itu-itu saja anda bisa mengubahnya menggunakan roti gandung, telur rebus dan daging sapi.
 Semoga tips sahur sehat yang sudah kita bahas pada artikel ini menjadi pedoman serta bermanfaat buat segenap umat yang menjalankannya. Jika anda tertarik untuk membacanya di kemudian hari , silahkan bookmark saja blog Sehat Kreatif ini di browser anda. Dengan demikian anda dapat membaca tips-tips mnarik seputar kesehatan dikemudian hari.

Share :

Facebook Twitter Google+
6 Komentar untuk "Tips Sahur yang Sehat"

makasih tipsnya gan, nice post :)

oke oke ,, nice tips ... gw jadi tau cara sahur yang sehat .. :D

tips yang sangat menyehatkan, bisa di coba besok pas sahur

naah Es Blewah kebiasaan berbuka ane :)

wah tips macem" ya :D
makasih gan buat tips nya :D

Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar yang mengandung unsur SARA.
2. Komentar yang berbau PORNO.
3. Komentar Saling CACI MAKI.
4. Komentar yang Memasukan LINK IKLAN dan LINK AKTIF.

Saya harap Sobat dapat mematuhi aturan berkomentar yang saya buat. Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus. Atas kerjasama sobat sekalian saya ucapkan banyak Terima Kasih. Salam Sukses selalu untuk Sobat dan Salam Blogger.

Back To Top